Sabtu, 01 Januari 2011 | By: Aiko 76

Sekilas Tentang 'Hacker dan Hacking'

Jika anda pengguna internet newbie yang belum mengetahui seluk beluk kejahatan dunia cyber, mungkin tulisan saya kali ini sedikit-banyak bisa membatu anda untuk mengetahui tentang tindak kejahatan ini ( Bukan mengajarkan anda menjadi hacker lho :-D ).
Pernah mendengar 'HACKER' ? Tentunya anda sudah pernah mendengarnya.
Hacker di dunia cyber memang sangat menyebalkan, terutama bagi anda yang pernah menjadi korban kejahatan dari tindakan kriminal mereka :-D .
Hacker tidak jauh-jauh amat dari pasword dan akun :-D banyak cara yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan pasword dan akun, Entah itu Facebook, friendster, twitter atau bahkan yang lebih Extremnya lagi, membobol dan menguasai Sebuah situs di internet :-D .
Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari tindakan kriminal ini ?
Banyak kog cara'a :-D
1.) biasanya hacker menggunakan 'Backdoor' ( Halaman Login palsu ) Berhati hatilah terhadap backdoor, karena banyak backdoor dimana mana. Untuk itu sebaiknya, periksalah 'URL' situs yang anda masuki. Karena backdoor hanya mengcopy tampilan halaman saja. Bukan 'URL'
2.) Keylogger ( Aplikasi yang membaca setiap kegiatan keyboard ) untuk yang 1 ini rumit juga.. Biasanya 100% software ini di pasang di warnet-warnet.
Hanya 1 saran dari saya, jika anda ingin menggunakan Pc/Komputer di warnet carilah yang Pc/Komputernya di pasangi Deep Freeze.
3.) Melalui aplikasi, lho kok bisa ? Yaa.. tentu saja bisa. Ini biasa terjadi di aplikasi hp yang memberikan anda kemudahan untuk mengakses sebuah situs jejaringan sosial.
Terutama Facebook :-D yang lagi di gandrungi oleh sebagian masyarakat luas. Cara kerja aplikasi seperti ini adalah mengirim pesan pasword dan email/nama user korbannya kepada nomer telp yang telah di tanamkan ke dalam aplikasi itu.
Jika anda menemukan pesan seperti ini 'Perbolehkan aplikasi mengirim pesan ?' tanpa ragu-ragu saya sarankan urungkanlah niat anda untuk mengakses akun anda melalui aplikasi tersebut.
4. Menebak, mengacak dan tekhnik brute force.
Jika anda ingin aman, gunakanlah pasword yang panjangnya minimal 11-12 digit, dan saya sarankan jangan menggunakan pasword yang berkaitan dengan diri anda.
Contoh: tanggal lahir,nama anda ataupun orang terdekat anda dan kota anda.
Gunakanlah pasword dengan kombinasi huruf dan angka seperti: G3l4nd4an9an dsb.
Sekian dulu yah.. Capek jempol saya menari :-D semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, Namun tetaplah menjaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.