Sabtu, 25 Desember 2010 | By: Aiko 76

Tips Jika Kehilangan Ponsel

Jika hp anda di curi/hilang dsb. Mungkin tips di bawah ini bisa sedikit membantu dan melegakan anda. Simak tulisan saya berikut ini:
1.Setiap handphone mempunyai nomor ID tersendiri, nomor tersebut dinamakan IMEI atau nama bahasan Jawanya International Mobile Equipment Identity .
2.Jika anda ingin mengetahui tentang IMEI Ponsel anda cukup tekan *#06#, setelah itu catat pada kertas yang tersimpan baik. Jangan didompet atau ditempat yang terbuka, tujuannya adalah nomor ini tidak disalahgunakan oleh orang lain :).
3.Setelah anda catat, (untuk berjaga-jaga, jika HP anda hilang, semoga saja tidak) Nah apabila HPanda dicuri, hubungi operator kartu SIM anda dan beritahukan kode ini . Mereka akan dapat melakukan blocking sehingga HP tersebut tidak dapat digunakan sama sekali walaupun ditukar kartunya karena yang di block adalah HP nya dan bukan nomor panggilan HP . Memang, kemungkinan besar HP anda tidak akan kembali lagi, Paling tidak orang jahat juga sama sekali tidak bisa menggunakannya (biar nggak terlalu keenakan).
Sehingga kalau semua (atau sebagian besar) HP -HP yang dicuri tidak bisa berfungsi, maka dipasar gelap harganya akan jatuh,dan diharapkan trend pencurian HP sudah nggak mode lagi. Sekilas tentang EMEI: Setiap ponsel memiliki kode IMEI tersendiri dan unik, dalam arti, tidak ada dua ponsel yang memilikikode IMEI yang sama. Kode IMEI dari sebuah ponsel dapat dilihat dengan mengetikkan kombinasi tombol “*#06#” (tanpa tanda kutip). Kombinasi tombol ini bisa dikatakan sangat unik dan universal, karena bekerja untuk semua ponsel.
Selain melihat nomor IMEI dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut, nomorIMEI biasanya juga tercetak di bagian belakang ponsel dekat baterai. Nomor IMEI yang ditampilkan oleh kombinasi tombol dengan nomor yang tercetak di ponsel haruslah sama. Secara umum, nomor IMEI pada sebuah ponsel dibagi menjadi empat bagian utama. Walaupun begitu, ada beberapa ponsel menuliskan IMEI menjadi satu kesatuan. Untuk memudahkan Anda mengenali IMEI tersebut, tulisan ini akan membaginya menjadi beberapa segmen berikut:
AB-CDEF / GH / IJKLMN / O
Nilai AB pada ponsel Nokia bisa bernilai 35, 44 atau 49. Selanjutnya yaitu CDEF merupakankode produksi. Bagian ABCDEF ini juga dikenal sebagai TAC (Type Approval Code). Dua angka selanjutnya (GH) merupakan kode negara asal ponsel Nokia tersebut. Bagian ini juga sering disebut sebagai FAC (Final Assembly Code). Bagian IJKLMN merupakan serial number dari ponsel Anda. Terakhir, yaitu Omerupakan cadangan/spare. Dengan mengenali IMEI dari ponsel Nokia Anda, maka Anda akan dengan mudah mengindentifikasi sebuah ponsel. Para produsen ponsel sendiri sudah mulai “menyembunyikan” kode asal produksi. Dengan adanya kode IMEI ini, Anda dapat dengan mudahmengenali asal ponsel Nokia Anda, apakah itu ponsel BM (Black Market) atau original . Sekilas dari apa yang terjadi padasaya: Sebelum ponsel saya dicuri, saya membiasakan untuk memberikan KODE pada: SIMCARD - atau biasa disebut PIN. Kode pengaman, yang salahsatu fungsinya saat ponsel diganti kartu akan meminta KODE yg apabila tidak ditemukan tidak bisadigunakan kecuali dengan memformatkan pada servis ponseldan ini tidak memakan biaya yangmurah, artinya jika hilang akan memerlukan biaya untuk membuatnya berjalan dengan normal. Melakukan backup Kontak ( Baca bagian ini ). Menyimpan pesan di MMC.

3 komentar:

doel mengatakan...

Mampir bro,kunjungan pertama neh..thx artikel-y,sangat bermanfaat wat pengguna hp,,biar tau tuh maling.. :D

doel mengatakan...

Mampir bro,kunjungan pertama
neh..thx artikel-y,sangat
bermanfaat wat pengguna
hp,,biar tau tuh maling.. :D

Anonim mengatakan...

Thank bro, info yang bermanfaat buat saya

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, Namun tetaplah menjaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.